Sejarah SilverQueen, Cokelat Asal Garut yang Mendunia

oleh -586 Dilihat
oleh
banner 468x60

GARUTPLUS.COM — Cokelat merek SilverQueen tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Tidak banyak yang tau, bahwa cokelat SilverQueen merupakan produk cokelat yang asli dari Indoenesia, tepatnya berasal dari Garut, Jawa Barat. Cokelat SilverQueen dikenal sebagai cokelat batang dengan isian kacang mede yang terkenal enak.

Namun tidak hanya kacang mede, merek cokelat SilverQueen juga berisi sejarah panjang dalam perkembangannya. SilverQueen adalah produk cokelat yang berada di bawah naungan PT Petra Food, perusahaan asal Garut yang awalnya dikenal dengan nama NV Ceres.

banner 336x280

Pada masa kolonial Hindia Belanda, NV Ceres awalnya dimiliki oleh orang Belanda yang kemudian memutuskan untuk menjual perusahaan tersebut. Selanjutnya, Ceres N.V diambil alih oleh pemuda asal Burma (Myanmar) keturunan Tionghoa, bernama Ming Chee Chuang.

Ming Chee Chuang inilah yang kemudian mengembangkan perusahaan pabrik cokelat, yang sebelumnya bernama Ceres N.V. menjadi perusahaan besar yang memproduksi cokelat SilverQueen.

Sejarah Singkat Kemunculan SilverQueen Pada dekade 1950-an

Chuang mengganti nama NV Ceres dengan PT Perusahaan Industri Ceres dengan produk biskuit wafer Ritz. Sayangnya, biskuit tersebut diklaim oleh Nabisco Foods karena merek Ritz sudah ada lebih dulu sejak tahun 1949 yang juga didirikan oleh orang Belanda.

Tidak tinggal diam, PT Perusahaan Industri Ceres kemudian memperjuangkan hak nama Ritz dan untungnya membuahkan hasil. Akhirnya Ritz menjadi merek wafer kepunyaan Ceres.

Perusahaan Idustri Ceres ini kemudian memproduksi cokelat batangan dengan nama SilverQueen, pada dekade 1950-an. Masih di era yang sama, ada program bernama

Program Benteng yang diselenggarakan pemerintah. Program ini ditujukan untuk perusahaan yang berstatus perusahaan asing. Program beteng bertujuan untuk membina pengusaha asli orang Indonesia (pribumi), agar dapat mengembangkan bisnisnya.

Dalam Program Benteng, orang pribumi berhak memegang saham perusahaan sebanyak 70 persen. Hal tersebut menjadi tantangan Ming Chee Chuang yang bukan orang pribumi. Meski Chuang tidak mendapatkan kesempatan itu, namun ia tak kehabisan akal untuk melakukan inovasi terhadap produknya.

Salah satu upayanya adalah Chuang mencampurkan coklat dengan kacang mede. Kemudian dikemas menjadi cokelat batangan, dan kemudian menjadi ciri khas cokelat SilverQueen pada masa itu.

Produk cokelat milik Chuang ini menjadi sangat populer saat Konferensi Asia Afrika (KAA) yang diselenggarakan di Bandung pada 1955.

Saat itu, Chuang mendapatkan pesanan dari Presiden Soekarno untuk memproduksi cokelat acara KAA. Presiden Soekarno diketahui juga menyukai cemilan manis dari kakao ini, Memiliki rasa cokelat yang lezat, Ming Chee Chuang dipuji oleh Sang Proklamator.

Hal itu juga lah yang membuat Chuang memindahkan perusahaanya dari Garut ke Bandung.

Perusahan ini kemudian dilanjutkan oleh anak-anak Chuang, John dan Joseph yang kemudian mendirikan perusahaan bernama PT Petra Food pada 1984.

Pasar yang terus berkembang, perusahaan ini akhirnya membuka kantor di Singapura, dan menjalin hubungan perdagangan dengan beberapa negara, seperti Thailand, Filipina, dan Jepang.

PT Perusahaan Industri Ceres pun menjadi satu bagian dengan PT Petra Food. Bersama dengan PT Petra Food, Ceres mengeluarkan produk dan merek andalan lainnya, seperti Delfi, SilverQueen, Ritz, Biskuit Selamat, Chunky Bar, hingga cokelat tabur (meises) Ceres.

Kualitas yang konsisten rupanya membuat cokelat SilverQueen tetap menjadi cokelat batangan yang sampai saat ini boleh dibilang digemari masyarakat Indonesia.

Bahkan, dalam laporan bertajuk “Top Brand Index 2021” kategori Top Brand Gen Z, SilverQueen menjadi merek cokelat batangan favorit para remaja di Indonesia. Skor Top Brand index (TBI) untuk produk cokelat tersebut mencapai 56,2%.

Manisnya coklat Silverqueen yang mampu berekspansi dari Garut hingga ke Singapura bahkan Filipina dan Jepang. Produknya termasuk SilverQueen juga telah dijual di lebih dari 10 negara lain termasuk Thailand, Brunei, India, Korea.

 

banner 336x280

No More Posts Available.

No more pages to load.