Direktur RBPN Hadiri Peresmian Gedung MPP

oleh -390 Dilihat
oleh
Berpoto Bersama
banner 468x60

GARUT PLUS – Direktur PT. Rancang Bangun Putra Nusantara (RBPN) Agung Hermawan berada di tengah-tengah tamu kehormatan lainnya dalam acara Peresmian Gedung Mall Pelayanan Publik, Jalan Pembangunan, Garut, Senin (18/12/2023).

Saat ditemui usai acara, Agung Hermawan menjelaskan kehadirannya pada acara yang dihadiri Bupati Garut dan sejumlah elemen pejabat tinggi baik dari tingkat nasional maupun daerah tersebut.

banner 336x280

“Kehadiran saya hanya sebagai tamu undangan pada peresmian Mall Pelayanan Publik Kabupaten Garut saja,” ungkap lelaki dengan penampilan ramah dan bersahaja ini saat berada di Roof Top Gedung tersebut.

Namun saat ditanya terkait peran jajarannya pada rencana proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Wilayah Garut Selatan, Agung menjawabnya dengan antusias.

Agung menjelasklan, pertumbuhan populasi global dan urbanisasi yang pesat meningkatkan permintaan akan energi, mendorong negara-negara untuk mencari sumber daya energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Salah satu solusi yang semakin populer adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu,” ungkapnya kepada wartwan.

Lebih jauh Agung menjelaskan tujuan dari pembangunan pembangkit listrik tenaga angin dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan mengapa hal ini menjadi langkah yang penting bagi masa depan energi global.

“Pembangunan PLTB bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil yang menyebabkan emisi gas rumah kaca. Tenaga bayu dianggap sebagai sumber energi bersih karena tidak menghasilkan emisi karbon selama fase operasionalnya,” jelas Agung.

Agung beralasan, dengan menggantikan pembangkit listrik konvensional dengan tenaga bayu, dapat dikurangi jejak karbon negara dan kontribusi terhadap perubahan iklim.

PLTB juga membantu dalam diversifikasi portofolio energi suatu negara. Dengan memiliki berbagai sumber energi, negara dapat mengurangi ketergantungannya pada satu jenis energi saja.

“Hal ini tidak hanya meningkatkan keamanan energi tetapi juga mengurangi risiko fluktuasi harga dan ketersediaan sumber daya tertentu,” kata Agung.

Tenaga bayu merupakan sumber energi yang dapat diperbarui dan melimpah, memberikan negara kemampuan untuk menjadi lebih mandiri secara energi.

“Dengan mengandalkan energi bayu, kita dapat mengurangi ketergantungan pada impor bahan bakar fosil dan meningkatkan keberlanjutan ekonomi nasional,” cetusnya.

Agung juga menyebutkan, proyek pembangunan PLTB menciptakan lapangan kerja baru, mulai dari konstruksi hingga operasi dan pemeliharaan.

“Ini tidak hanya memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi regional tetapi juga meningkatkan keterampilan tenaga kerja dalam industri energi terbarukan,” katanya.

“Tenaga angin tidak memerlukan penggunaan sumber daya alam yang terbatas, seperti batubara atau gas alam,” tukasnya.

Dengan memanfaatkan energi angin, negara dapat mengurangi tekanan terhadap sumber daya alam yang semakin berkurang dan meminimalkan dampak eksploitasi sumber daya alam.

Pembangunan PLTB juga mendorong inovasi dalam teknologi terbarukan. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan energi angin berpotensi memberikan dampak positif tidak hanya pada sektor energi, tetapi juga pada perkembangan teknologi secara keseluruhan.

“Tenaga angin dapat diakses di berbagai lokasi, termasuk daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh infrastruktur energi konvensional,” jelas dia.

Oleh karena itu, pembangunan PLTB dapat meningkatkan akses terhadap energi di daerah-daerah yang sebelumnya terpinggirkan.

Di bagian akhir wawancara, Agung menyimpulkan, pembangunan PLTB memiliki tujuan yang luas, dari pengurangan emisi karbon hingga meningkatkan kemandirian energi dan menciptakan lapangan kerja.

“Dengan menerapkan teknologi ini, negara dapat bergerak menuju sistem energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan memberikan kontribusi positif terhadap tantangan global seperti perubahan iklim,” terang dia.

Proyek PLTB ini selain menumbuhkembangkan potensi energi terbarukan, kehadirannya juga dapat menjadi alternatif bagi pengembangan pariwisata daerah khususnya wilayah Garut Selatan. (***).

banner 336x280

No More Posts Available.

No more pages to load.