Surga Tersembunyi di Ujung Barat Indonesia yang Jarang Diketahui 8 Fakta Menarik Pulau Weh

oleh -56 Dilihat
oleh

Menengok keindahan pulau kecil yang terletak di ujung barat Indonesia, Pulau Weh menjadi primadona para pelancong. Bak surga tersembunyi, pulau ini memiliki pantai yang eksotis, air laut yang jernih, dan keanekaragaman biota laut yang menakjubkan.

Keindahan alam bawah laut Pulau Weh sering disebut sebagai akuarium raksasa bagi para penggemar diving dan snorkeling. Hamparan pasir putih dengan pemandangan lautan biru membentang luas sejauh mata memandang yang tiada duanya.

So, biar nggak penasaran, berikut beberapa fakta menarik Pulau Weh yang sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan sebelum berkunjung. Simak, yuk!

1. Titik Nol Kilometer Indonesia

Salah satu daya tarik pelancong berkunjung ke Pulau Weh adalah untuk menelusuri Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia. Tugu ini sering disebut penanda geografis ujung barat Indonesia.

Titik Nol Kilometer berada di Desa Iboih Ujong, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Jarak yang harus ditempuh sekitar 32 km dari Kota Sabang, dan membutuhkan waktu setidaknya 30-45 menit untuk sampai ke sana.

Bukan hanya terdapat monumen yang menjadi ikon tempat tersebut, tapi pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hutan indah di sepanjang jalan.

2. Terbentuk dari Letusan Gunung

Pulau Weh adalah pulau yang terbentuk dari aktivitas gunung vulkanik yang terjadi puluhan ribu tahun lalu. Akibat dari letusan tersebut, jejak-jejak gunung api itu masih dapat dilihat dari adanya batu-batu besar khas vulkanik yang berserakan di seluruh pulau.

Pulau dengan luas sekitar 121 km persegi ini dikelilingi beberapa pulau-pulau kecil lainnya, yaitu Pulau Rondo, Pulau Seulako, Pulau Rubiah dan Pulau Klah.

3. Pesona Pantai yang Indah

Salah satu daya tarik utama Pulau Weh adalah pantainya yang menawarkan keindahan yang luar biasa.

Hamparan pasir putih dan lautan biru yang indah terasa begitu tenang dan nyaman untuk bersantai. Beauties pun bisa berjemur di bawah sinar matahari atau berenang di air laut yang segar.

4. Rumah bagi Beragam Biota Laut

Pulau Weh menjadi surganya para penyelam dan snorkeler yang senang menjelajahi terumbu karang yang indah, serta melihat berbagai jenis ikan dan biota laut.

Ada lebih dari 300 spesies terumbu karang di sekitar Pulau Weh dengan berbagai jenis biota laut langka. Sebanyak 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia bisa ditemukan di sana.

So, pulau ini bisa jadi tempat yang cocok bagi penyelam yang ingin menikmati kejernihan air dan keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

5. Pemandangan Matahari Terbenam yang Memukau

Tidak boleh ketinggalan! Beauties wajib melihat secara langsung indahnya sunset di pulau kecil ini, yang mampu buat decak kagum.

Selain keindahan pantai dan biota lautnya, Pulau Weh juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang tak terlupakan bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Beauties bisa menikmati momen indah ini di sepanjang pantai pulau.

6. Keberagaman Aktivitas Wisata

Tidak hanya bisa untuk menyelam dan snorkeling, Pulau Weh juga menawarkan beragam aktivitas yang menarik. Pelancong dapat menjelajahi pulau dengan menyewa sepeda atau motor sambil menikmati panorama alam yang indah.

Beberapa destinasi wisata alam lainnya yang wajib dikunjungi seperti gunung, bukit, danau, air terjun, dan hutan yang masih terjaga keindahannya.

Di sekitar Pulau Weh juga terdapat pulau-pulau kecil yang tak kalah memukau, salah satunya Taman Laut di Pulau Rubiah. Jika beruntung, Beauties bisa menyaksikan lumba-lumba ataupun hiu paus secara langsung. Pastinya, bakal jadi momen indah sekaligus buat hati berdesir deh!

7. Banyak Hewan Spesies Langka

Pulau Weh ternyata juga menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna langka yang mengagumkan. Misalnya saja, di pulau ini terdapat jenis katak yang keberadaannya mulai terancam, yaitu Bufo Valhallae. Ada pula hiu bermulut besar (megachasma pelagios) yang sangat langka dan masih banyak hewan lainnya.

Bukan hanya itu, terumbu karang di sekitar pulau juga menjadi habitat bagi ratusan jenis ikan di lautan.

8. Kuliner Khas yang Lezat

Berkunjung ke Pulau Weh belum lengkap tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Beberapa makanan ini layak untuk diburu ketika berada di Pulau Weh, diantaranya mie jalak, mie pingsun, dan bakpia khas Sabang.

Eits, yang satu ini juga nggak boleh ketinggalan untuk dicicipi, yaitu sate gurita. Kuliner ini menjadi ciri khas Kota Sabang. Memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan gurih, sate gurita berbalur bumbu kacang menjadi santapan nikmat yang mampu menggoyang lidah.

***

 

 

 

 

Sumber :KOMPAS.com