Sudah Coba? Ini 7 Langkah Mudah Hindari Asam Lambung Naik

oleh -55 Dilihat
oleh
banner 468x60

Dalam dunia medis, kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan dikenal dengan istilah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Penyakit ini ditandai dengan gejala yang cukup signifikan, seperti rasa terbakar di area dada, mual, nyeri di bagian ulu hati, serta rasa asam yang menyengat di dalam mulut.

Jika diabaikan, asam lambung dapat membawa risiko serius terhadap kesehatan tubuh. Oleh karena itu, perlu adanya langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk mengatasi asam lambung sedini mungkin.

banner 336x280

Berikut 7 cara untuk kamu agar terhindar dari naiknya asam lambung atau gerd.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih memiliki kadar pH yang dapat membantu usus bekerja lebih cepat dalam mengolah makanan. Maka dari itu, air putih dipercayai dapat menghindari penyakit asam lambung yang disebabkan oleh makanan yang diolah secara tidak baik.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengonsumsi air putih yang cukup, sekitar 4-5 gelas per hari atau setara dengan 2 liter dalam sehari. Selain membantu melancarkan pencernaan, air putih juga berperan dalam menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan optimal.

2. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan
Setelah makan, pastikan tidak berbaring dulu karena ini dapat menyebabkan makanan sulit untuk dicerna. Kamu boleh berbaring setelah 2-3 jam setelah menikmati makanan. Hal ini bertujuan agar makanan tidak naik kembali ke kerongkongan, mengingat adanya efek gravitasi. Dengan melakukan hal tersebut, risiko meningkatnya asam lambung pun akan berkurang.

3. Ubah Pola Makan

Kamu harus tahu bahwa pola makan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk pula pada munculnya penyakit asam lambung. Jadwal makan yang tidak teratur dan porsi yang terlalu besar dapat meningkatkan tekanan pada perut, sehingga menyebabkan asam lambung meningkat. Di sisi lain, kamu juga harus menghindari kebiasaan makan terlalu cepat dan ngemil sebelum tidur.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Protein
Untuk mencegah asam lambung naik ke tenggorokan, kamu dapat mengonsumsi makanan kaya protein, seperti telur, kacang-kacangan, brokoli, dan kedelai. Protein tinggi dalam makanan tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung dan menghindari refluks. Konsumsi makanan jenis ini setidaknya tiga hari sekali agar kamu terhindar dari asam lambung.

5. Hindari Rokok
Nikotin dalam rokok dianggap sangat berbahaya, termasuk dapat memicu kambuhnya asam lambung naik. Kandungan ini dapat membuat sfingter esofagus menjadi relaks, sehingga dapat membuat potensi naiknya asam lambung ke kerongkongan meningkat. Oleh karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan merokok ya!

6. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Asam Lambung

Bagi yang tidak ingin mengalami asam lambung, kamu bisa menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung lemak dan kafein tinggi. Di antaranya adalah cokelat, kopi, soda, alkohol, daging, produk susu, dan sebagainya.

berbagai bahan konsumsi tersebut dapat meningkatkan produksi zat asam di dalam lambung. Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi makanan tersebut ya! Kamu bisa menikmati makanan ini dengan porsi sewajarnya.

7. Pola Hidup Sehat
Demi bisa terhindar dari naiknya asam lambung, maka memperhatikan pola hidup sehat menjadi hal yang harus dilakukan. Untuk mencapai pola hidup sehat tersebut kamu dapat melakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, olahraga teratur, cukup istirahat, dan kelola stres dengan baik. Maka dengan lakukan hal tersebut kamu akan bisa mendapatkan kesehatan pada lambung dan sebagainya.

Jadi, cukup mudah kan untuk menjaga kesehatan pada lambung? Lakukan hal-hal sederhana ini agar lambung kamu lebih sehat dan aktivitas sehari-hari pun dapat dilakukan dengan baik!

 

 

 

Sumber :Liputan6.com

banner 336x280

No More Posts Available.

No more pages to load.